Selasa, 18 Januari 2011

About Guinea Pig Hair Loss (Mengenai Kerontokan bulu Guinea Pig)

Jika Kita memelihara GP, apalagi yang longhair atau mempunyai bulu panjang, pasti kerontokan bulu pernah terjadi maka disini akan kami bahas fakta dan penanganan seputar bulu GP

* Guinea Pig anda mempunyai bald spot(kebotakan di suatu area), terlihat jelas pada jenis Peruvian, Abyssinian dan Abyruvian, bald spot itu terletak di belakang kuping, diameternya sekitar 1-1,5 cm, Bald Spot akan lebih besar pada albino guinea pig. bald spot biasanya akan sering diserang kutu dan flea, maka seringlah bersihkan bald spot, jangan khawatir jika anda membeli gp dan ada kebotakan di belakang kupingnya karena memang area ini tidak terdapat bulu. Mungkin memang kadang ada kebotakan lain di dahi GP kecil ini biasanya tanda dominasi oleh GP lain dan akan tumbuh seiring umur GP. bagian lain biasanya karena bertarung atau luka.

* Guinea Pigs Anda bisa Shedding(ganti Bulu), Bulu panjang lebih banyak shedding dari pada bulu pendek karena mereka merawat bulu mereka lebih extra. Ini hal normal dan beberapa GP mempunyai sifat yaitu sering mengganti bulu mereka, Sisirlah GP anda tiap hari untuk mengurangi shedding, Cuaca Panas dan suhu yang berganti-ganti juga bisa menyebabkan shedding. Yang perlu diperhatikan adalah shedding memang terlihat seperti kerontokan tapi jika shedding, bulu gp tidak akan gampang copot dari badan bila kita tarik, jika terlalu gampang maka bisa saja si gp terkena, kutu, jamur dan kekurangan vitamin.

*Bila dalam Kelompok Guinea Pig anda bisa melakukan Barbering(menggigiti dan mencabuti bulu temannya. Guinea pig memang normal mencukur bulunya dan temannya dan kadang-kadang ada yang senang sekali mencukur bulu temannya tapi bila mereka mulai mencabuti berlebihan(sampai botak) dan
memakannya maka ada sebab lain Hal ini terjadi bila kekurangan nutrisi dan pakan yang tidak seimbang. Stress dan kepadatan kandang juga kadang mempengaruhi.

*Kerontokan bisa terjadi pada GP hamil dan Menyusui, karena hormon, biasanya kerontokan pada GP yang menyusui akan terjadi dibawah perut dan kadang menimbulkan kebotakan parah pada bawah perut gp anda. Jagalah nutrisi pada GP hamil dan menyusui.

*Jamur bisa menyebabkan kerontokan bulu tandanya bulu rontok parah dan akan ada jamur yang ditandai seperti kulit yang rusak berwarana hitam di balik bulu yang rontok tersebut. Obati dengan Salep anti jamur, salep manusia bisa menghilangkannya tapi lebih aman memakai yang cream.

*Parasites, Biasanya dari scabbies, kutu-kutu dan lainnya, bisa dibasmi dengan invermectin, kalo terkena kutu yang berlebihan akan terlihat dari adanya luka berkerak putih yang disebabkan tungau pada scabbies dan akan ada kutu atau lice yang terlihat jelas bila kita memperhatikan bulu gp kita. Bedak,Shampoo,Semprotan tidak disarankan karena jika tidak bisa merwatnya bisa menimbulkan masalah pada bulu GP. suntikan invermectinlah yang menurut kami paling aman karena bisa membasmi semuanya, kecuali telur tapi telur bisa dibersihkan dari mandi antiseptic.

*Kekurangan Vitamin C, Guinea pig butuh Vit C Minimal 10 mg Vit C perhari, ada juga yang menyarankan 40 mg perhari dan lebih banyak bila hamil, tapi pengaruh kekurangan vit C dengan bulu rontok sangat susah diketahui tandanya, jadi jagalah kebutuhan vit C GP anda setiap hari.

*Low Protein Diet(Makanan yang berprotein renda) akan mempengaruhi bulu GP anda, biasanya dibawah 15% Protein jadi berikan pellet yang berprotein tapi jangan terlalu banyak proteinnya juga.

*Pada proses sapih atau pemisahan dengan induk kerontokan terjadi pada Bayi GP, mengganti bulu bayi dengan bulu dewasa.

0 komentar:

Posting Komentar