Selasa, 18 Januari 2011

Jenis - jenis Guinea Pig


1. American
american adalah jenis yang banyak kita temui. rambutnya pendek, lurus, halus dan licin.
American cocok untuk pemula, dan di indonesia kadang kita jumpai american yang berbeda dari diluar ini bukan karena perbedaan negara saja tapi memang si american sendiri memiliki jenis-jenis tertentu, karena di negara asalnya peru american juga digolongkan mudahnya ada yang bermuka runcing dan muka bulat dengan badan gemuk. di peternakan kami memang american ada dua type mungkin di blog lanjutan akan saya tambahkan lagi infonya.


2. Abyssinian
abyssinian juga termasuk jenis yang banyak kita temui. rambutnya memilki rosette(usar-usar). jumlah rosette yang di miliki abysinian beragam. tetapi biasanya kualitas abyssinian yang bagus harus memiliki 10 rosette (biasanya untuk pertunjukkan/kontes).
Abyssinian gampang dirawat seperti american, abyssinian di indonesia kadang lebih panjang tapi idealnya abyssinian haruslah tidak terlalu panjang di badan dan kelihatan agak gemuk.


3. Peruvian
Peruvian memiliki rambut yang sangat panjang diseluruh bagian tubuh (termasuk muka). rambutnya lurus sampai dapat menyapu tanah. mempunyai rosette.
Peru di Indonesia kami membagi dengan dua type rosette hampir dan sempurna dan rosette acak, karena peru yang ideal memiliki hanya 2 rosette di belakang yang membuat rambutnya terbelah rapi. rosette acak mempunyai rambut panjang merata tapi kurang terlihat belahan yang rapi.


3. Silkie
silkie atau sheltie mempunyai bentuk rambut yang sama dengan peruvian, panjang hingga dapat menyapu tanah. tetapi bedanya rambut bagian depan silkie tidak tumbuh panjang ke depan seperti peruvian, rambut depannya tumbuh lurus ke arah belakang karena silkie tidak memiliki rosette di tubuhnya.


4. Texel
Texel mempunyai rambut yang panjang dan keriting di seluruh badan bahkan di perut pun juga.


5. Himalayan
Himalayan mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai jenis american. tetapi bedanya di bagian hidung, telinga dan kaki berwarna hitam. himalayan juga memiliki warna dasar bulu berwarna putih dan mata merah seperti albino.


6. Teddy
teddy mempunyai bulu yang pendek,tebal dan terlihat agak kasar (tetapi tidak benar-benar kasar saat di sentuh).



7. White crested
white crested mempunyai bulu yang pendek dan halus. di bagian kepala terdapat 1 rosete berwarna putih. Warna putihnya harus berada di bagian kepala. jika terdapat warna putih lain di bagian tubuhnya, maka guinea pig tersebut tidak dapat di sebut white crested.


8. Coronet
Bentuk bulunya seperti Silkie. Tetapi di bagian kepalanya terdapat 1 rosette dengan bulu yang pendek dan terlihat seperti belah tengah.

jenis-jenis lainnya :
1. Self : satu warna termasuk warna hitam, merah, coklat, putih, beige, cream,lilac.

2. Dutch :


3. Agouti : selang-seling antara warna gelap dan terang.


4 Albino : tubuh berwarna putih dan mata berwarna merah.

0 komentar:

Posting Komentar