Selasa, 18 Januari 2011

Foto Permukaan Planet Mars Paling Akurat

Filed under: IPTEK — finunu @ 21:04
Tags: , , , , , ,
planet mars
Sebuah kamera yang diusung oleh satelit penjelajah Odyssey  milik NASA telah membantu memetakan seluruh permukaan Mars dalam tingkat akurasi yang tinggi. Sekarang, para peneliti maupun kalangan awam dapat mengakses peta serta menjelajahi permukaan planet Mars melalui beberapa situs-situs resmi.
Peta permukaan Mars ini disusun dengan menggunakan hampir 21.000 lembar foto yang didapat lewat Thermal Emission Imaging System (THEMIS), sebuah kamera multi-band infrared camera yang terpasang di Odyssey.
Para peneliti yang bermarkas di Arizona State University’s Mars Space Flight Facility di Tempe, dan dengan kolaborasi dari NASA’s Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, Kalifornia, telah menyusun dan mengelompokkan foto-foto ini sejak saat dimulainya pengambilan gambar delapan tahun yang lalu.
Foto-foto kemudian dirapikan, dan dicocokkan untuk mendapat gambaran


permukaan planet mars

mosaik yang besar. Para user dapat memperbesar gambar-gambar ini sampai pada detil yang cukup akurat, sekitar 100 meter dari permukaan planet. ‘
Meskipun hanya sebagian saja dari permukaan planet Mars yang telah dipetakan dengan tingkat akurasi tinggi, namun peta ini merupakan satu-satunya peta permukaan Mars terakurat yang pernah ada.
Mars Odyssey diluncurkan pada April 2001 dan mencapai Planet Merah pada Oktober 2001. Pekerjaan sains dimulai pada Februari 2002. Keseluruhan misi ini dikelola oleh JPL (Jet Propulsion Laboratory ) untuk Science Mission Directorate NASA di Washington..



mars

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Satelit penjelajah Odyssey milik NASA, dapat mengunjungi: http://mars.jpl.na-sa.gov/odyssey.

0 komentar:

Posting Komentar